Kamis, 29 September 2016

Kuliner Khas Medan

Selain tempat wisata yang banyak mempesona wisatawan, Kota Medan juga memiliki pilihan Kuliner yang akan memanjakan para wisatawan yang mengunjungi Kota ini. berikut ini adalah daretan makanan yang tidak boleh sampai Anda lewati saat berada di kota ini.

1. Lontong Medan

Hanya ada di Kota Medan, lontong dengan berbagai campuran. Lontong ini berisi campuran lontong, sambal teri kacang, tauco, mie, bumbu kacang, kuah sayur dan kerupuk, terkadang juga ditambahkan dengan telur dan perkedel. Menu ini sangat banyak di jual di kota medan sebagai menu sarapan.

2. Mie Gomak

Bahan mentah dari pembuatan mie ini hanya di jual di Sumatra Utara, biasa disebut dengan mie lidi, karena bentuknya yang seperti lidi. Selain dimakan begitu saja mie ini juga sering disajikan dengan lontong dan bumbu kacang.

3. Babi Panggang Karo

Makan ini memang tidak halal bagi para umat muslim, namun bagi masyarakat non-muslim, daging babi banyak digemari. Makanan ini adalah menu spesial dari Batak Karo yang merupakan etnis Batak yang mendiami dataran tinggi Karo atau tanah Karo.

4. Durian Medan

Raja buah dari tanah Medan ini memang sudah tidak diragukan lagi kelezatannya, rasanya begitu terkenal hingga ke manca negara. Bahkan ada yang beranggapan bahwa buah durian dari Medan adalah Raja dari Raja buah. Karena Buah Durian Medan memiliki rasa yang manis dan legit serta lembut dan ukurannya pun besar. Hingga saat ini hampir semua penjual sop duren, mengambil bahannya dari Durian Medan.

5. Bolu meranti

Bolu ini memiliki rasa yang khas walsupun tampilannya mirip dengan bolu pada umumnya. Bahkan bolu ini bergitu terkenal dan banyak dijadikan pilihan untuk menjadi oleh-oleh bagi para wisatawan. Bolu meranti memiliki berbagai pilihan rasa seperti Coklat, kacang, Keju, Strowberry, Nanas, Mocca, Abon dan Ayam.

6. Soto medan

Hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki soto khasnya masing-masing seperti Soto Betawi, Soto Bogor, Soto Madura, Soto Kudus dan ada juga Soto Medan. Anda juga perlu mencicipi Soto Medan, karena Soto Medan juga memiliki rasa khas yang berbeda dengan soto-soto lainnya.

7. Lemang

Lemang merupakan makananyang terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan menggunakan bambu yang telah dilapisi dengan daun pisang. Beras ketan tadi juga sudah dicampurkan dengan santan, jadi rasa dari Lemang ini begitu gurih. Lemang juga dimasak dengan cara yang unik yaitu dengan cara dibakar di atas bara api hingga matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar