Senin, 20 Februari 2017

7 Makanan Khas Bandung yang Bikin Laper Baper

Kota Bandung adalah kota yang memiliki keunikan dan daya tarik bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara. Keindahan alam, keberagaman budaya, maupun pemandangan kotanya memang tidak perlu diragukan lagi sebagai destinasi wisata. Kota ini juga memiliki berbagai hal yang populer salah satunya adalah kuliner atau makanan khas Bandung. Sebagai kota yang dikatakan populer, Bandung juga terkenal dengan sajian makanannya yang lezat dan unik. Berikut adalah rekomendasi kuliner kekinian enak dari kota Bandung yang wajib Kamu coba.

1. Siomay Bandung

Siomay, yap siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini. Berasal dari negeri tirai bambu alias Tiongkok, siomay sukses merebut hati para penikmat kuliner dari seluruh dunia salah satunya Indonesia. Konon berawal dari seorang ibu keturunan Tiongkok warga Bandung yang memenangi kejuaraaan membuat siomay pada acara Cap Go Meh membuat siomay melekat dengan kota Bandung. Salah satu Chef papan atas Indonesia yaitu Chef Juna pun mengakui kelezatan dari makanan khas Bandung ini.

2. Gepuk

Bagi para pencita daging sapi jajanan ini pasti menjadi salah satu yang paling dicari. Makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari daging sapi ini memiliki rasa manis dan sangat gurih. Pembuatannya pun cukup unik yaitu dengan cara daging sapi yang sudah diiris searah dengan serat daging direbus setengah matang, kemudian dipukul hingga menjadi sangat lembut dan dibumbui. Proses memberi bumbu pada daging yang sudah empuk itu dilakukan dengan cara direndam kedalam santan yang sudah diberi bumbu. Setelah itu daging direbus kembali, sampai air santan meresap. Disajikan dengan nasi hangat dan sambal pastinya akan membuat Kamu kembali bersemangat.

3. Mie kocok Bandung

Mie yang satu ini biasa di jual menggunakan gerobak seperti penjual bakso. Meskipun dijual seperti bakmie gerobak pada umumnya, mie kocok ini berbeda dari bakmie biasa. Makanan khas kota Bandung ini disajikan dengan cara diaduk dan dikocok, sebelum di sajikan kepada pembeli.
Satu mangkuk mie kocok berisi mie yang bentuknya datar dilengkapi berbagai sayuran seperi toge dengan tambahan spesial kikil sapi empuk yang sudah direbus.

4. Nasi Timbel

Nasi Timbel ini adalah masakan khas Sunda yang membungkus nasi putih panas dengan daun pisang. Karena dibungkus daun pisang maka aroma yang khas akan terasa ketika nasi dibuka. Disajikan dengan berbagai tambahan seperti ayam goreng, tahu dan tempe goreng, sambal, lalapan segar, serta sayur asam akan membuat Kamu pingin nambah deh!

5. Surabi/Serabi Bandung

Surabi/serabi khas Bandung terbuat dari adonan tepung yang tebal kemudian dibakar diatas tungku tradisional. Peralatan tungku biasanya terbuat dari tanah liat. Penggunaan tungku tanah liat ini bukan tanpa tujuan, tanah liat diyakini dapat membuat makanan ini menjadi lebih nikmat dan gurih.
Makanan ini biasanya dilengkapi toping mulai dari, keju, coklat, pisang, duren, kacang, oreo, kitkat, hingga inovasi topping lainnya.

6. Seblak

Makanan yang satu ini sudah dikenal karena cita rasa pedasnya yang nikmat. Buat Kamu yang menyukai kuliner pedas, pastinya akan menyukai masakan ini. Seblak merupakan makanan dengan bahan dasar kerupuk yang direbus dan dicampur racikan bumbu pedas seperti cabai, bawang putih, garam dan kencur. Masakan ini juga bisa disajikan kering maupun basah sesuai selera.

7. Batagor

Nah, satu lagi jajanan yang paling terkenal dari kota Bandung yaitu batagor. Jajanan yang berasal dari singkatan bakso tahu goreng ini memang sudah tidak perlu diragukan kelezatannya. Digoreng hingga warnanya kecoklatan, adonan ikan, telur dan tepung kanji ini disajikan dengan dengan saus kacang, kecap, dan perasan jeruk limau. Dimakan selagi hangat pastinya membuat lidah terasa bergoyang.


Saat berkunjung ke Bandung, jangan lupa untuk mengajak orang yang Kamu sayangi untuk menikmati berbagai kuliner tersebut. Momen kebersamaan saat melakukan wisata kuliner akan membuat apapun yang disantap menjadi lebih nikmat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar