Selasa, 05 April 2016

Tips Travel Murah dan Seru Ke Jepang




Ingin Berlibur ke Jepang dan mencari informasi agar bisa travelling hemat disana?




Banyak yang bisa Anda lakukan di Jepang, Mulai dari menikmati keindahan Gunung Fujiama yang terkenal, menikmati kecantikan bunga Sakura di musim semi, belanja sepuasanya di Shibuya, merasakan nikmatnya daging Kobe dan Ramen asli Jepang, hingga mencoba kecepatan Shinkasen dan masih banyak hal-hal menarik lainnya yang patut Anda coba saat ke Jepang.



Bagi sejumlah traveler, wisata ke Jepang mungkin hanya menjadi sebuah angan-angan. Tingginya biaya di Jepang, yaitu sekitar 10 ribu yen atau sekitar Rp 1.000.000,-per hari, membuat tak sedikit traveler yang mengurungkan niatnya untuk pergi berwisata ke Jepang. Akan tetapi, dengan membaca beberapa tips ini, Anda mungkin saja bisa berlibur ke Jepang tanpa perlu mengeluarkan biaya yang terlalu banyak.


1. Tiket Pesawat


Untuk mendapatkan tiket murah ke Jepang, Anda perlu rajin-rajin melihat berita dan mengunjungi Travel Fair ataupun situs-situs yang menawarkan perbandingan harga tiket dari beberapa maskapai dan dapat membelinya langsung di situs-situs tersebut.

Harga tiket dari Pulang Pergi Antara Jakarta dari/ke Jepang berkisar Antara Rp 5.000.000,- s/d Rp 10.000.000,- tetapi bila sedang ada promo, harga itu bisa terpangkas hingga setengahnya. Maka rajin-rajin lah berburu tiket yang murah. Namun selain mempertimbangkan harga tiket, Anda juga perlu mempertimbangkan apakah maskapai tersebut memberikan tiket dengan trip yang melakukan transit atau langsung sampai ke tempat tujuan.
Jika tiket yang ditawarkan tersebut harus melakukan transit ke negara lain dulu, Anda juga harus memperhitungkan berapa lama transit yang harus Anda lakukan dan berapa biaya yang perlu Anda keluarkan selama melakukan transit. Seperti biaya untuk makan dan minum atau bahkan biaya menginap bila Anda perlu melakukan transit dalam waktu yang agak lama. Bisa-bisa karena hanya melihat harga tiket yang murah, Anda lupa memperhitungkan biaya selama transit dan bila ditotal harganya bisa jadi lebih mahal.
Biasanya para traveller Indonesia akan memilih penerbangan ke bandara Narita, Haneda atau Kansai. Penerbangan yang menuju ke bandara Narita dan Haneda biasanya agak lebih mahal, karena bandara tersebut berada di Tokya, ibu kota Jepang. Sedangkan Kansai ada di Osaka. Jadi bila Osaka merupan salah satu tujuan Anda ke Jepang, tidak ada salahnya Anda memilih penerbangan yang menuju bandara ini.
Selain mengurus tiket, Anda juga perlu mengurus Visa untuk ke Jepang. Informasi lebih lanjut tentang cara mengurus visa ke jepang klik disini.

Perkiraan tiket & visa : Rp 5.000.000 - Rp 10.400.000,- per orang



2. Tempat Tinggal Selama di Jepang



Untuk Tempat tinggal selama di Jepang sangat disarankan memilih apartemen karena harga yang lebih murah. Apartemen Jepang itu bersih, dan bisa memasak juga jadi bisa menghemat biaya makan. Ukurannya pun tidak terlalu kecil dan harganya berkisar di antara Rp 500.000 - Rp 1.000.000, Jika Anda pergi berkelompok, Anda dapat membagi biaya yang dikeluarkan bersama teman-teman Anda.

Kalau Anda ingin di hotel. Anda harus memburu hotel seperti juga Anda memburu tiket untuk pergi kejepang. Anda bisa mengecek situs-situs yang menyediakan berbagai pilihan hotel dengan berbagai pilihan harga dan lokasi yang bisa Anda pilih sesuai keinginan Anda.
Lokasi yang disarankan adalah di daerah Shinagawa atau area Yamanote Line. Karena di daerah Shinagawa itu ada kereta akses langsung ke Haneda, jadi tidak perlu kerepotan membawa barang-barang Anda dari stasiun satu ke stasiun lain. Shinagawa itu juga termasuk area Yamanote Line. Yamanote Line adalah jalur yang paling ramai di Jepang. Selain menghemat transportasi, Anda juga tidak perlu repot mengganti kereta yang memusingkan. Yang ada di Yamanote Line itu = Shibuya, Harajuku, Shinjuku, Ikebukuro, Tokyo, Ueno, Akihabara, dll.

Perkiraan tempat tinggal : Rp 300.000 - 500.000 per malam per orang

3. Transportasi Selama di Jepang


Transportasi di Jepang cukup mahal, Jika Anda ingin stay di Tokyo saja, disarankan untuk membeli Suica yang bisa diisi pulsanya. Anda bisa membeli Suica di minimarket disana. Biasanya sekali jalan dengan rute yang dekat mulai dari 130 yen. Jarak dari Shibuya ke Harajuku itu sangat dekat dan bisa ditempuh dengan jalan kaki 15 menit.
 

Peta Jepang memang agak musingkan, jadi pastiin Anda sudah tahu dari mana dan mau kemana. Situs Hyperdia dapat sangat membantu Anda dalam berpergian, dimana Anda hanya tinggal menulis tujuan Anda kemana dan dari mana, dan nanti akan keluar pula jam-jam berikut platform mana yang harus dicari, serta estimasi harganya. Jadi pastikan Anda mengecek terlebih dahulu karena kereta Jepang selalu on time jadi jangan sampai Anda terlambat.
Untuk taksi sendiri  tidak terlalu direkomendasikan jika untuk jarak yang jauh. Harga taksi sekali buka pintu dan masuk sekitar 700-770 yen, memang agak mahal. Namun jika Anda merupakan sekelompok yang berjumlah 3-4 orang dan mau ke area yang dekat, misalnya hanya beda 2-3 stasiun dan area tersebut agak susah dicari, Anda boleh menggunakan jasa taksi, karena kadang akan agak menyusahkan mencari tempat yang belum kita ketahui dan bisa memakan waktu.

Usahakan untuk stay di area yang sama dalam satu harian untuk menghindari ongkos kereta yang bolak balik. Lagipula tempat-tempat yang menarik untuk di kunjungi bisanya dekat dengan pusat kota, hanya Disneyland area yang agak jauh [di Maihama] karena itu bukan di Tokyo tapi di Chiba. Jika Anda mau menjelajah ke kota-kota lain, tidak hanya di Tokyo saja. Anda disarankan untuk membeli JR Pass.
JR Pass hanya bisa dibeli oleh turis asing karena harganya yang sangat murah. JR Pass sendiri harganya mulai dari sekitaran Rp 3.000.000,- dan Anda bebas berkeliling Jepang kemana saja menggunakan shinkasen selama hari yang ditentukan. ini sangat ekonomis dibanding Anda membeli tiket Shikasen yang harganya sekitar Rp 1.200.000,- per perjalanan. JR Pass tidak bisa Anda beli di Jepang, Anda harus membelinya diluar Jepang. Banyak tur-tur maupun website yang menjual JR Pass dan kalian bisa pilih dan bandingkan harga-harganya. Masa berlaku JR Pass berbeda-beda, Anda bisa memilih 7, 14, dan 21 hari. Tentunya harganya berbeda, yang paling murah dan sering dibeli ya JR Pass 7 hari, yang harganya 29,110 Yen (Adult) dan 15,550 Yen (Child) , child disini berumur 6-11 tahun (12 keatas dihitung Adult).


Perkiraan biaya transportasi : Rp 100.000 - Rp 150.000 per hari

4. Makan Selama di Jepang


Biaya makan di Jepang sebetulnya cukup normal dan Anda masih bisa menemukan makanan yang enak dengan harga terjangkau. Jepang terkenal dengan berbagai convenient store (konbini). Berbagai makanan pun tersedia di sana, mulai dari onigiri, salad, hingga bento, dan rasanya tak kalah dengan yang ada di restoran. Onigiri dijual seharga 100 yen, sementara bento dikenai harga mulai dari 300 yen. Anda hanya perlu memanaskan di microwave yang tersedia di sana dan Anda bisa kenyang dengan makanan yang nikmat sekaligus ramah di kantong.


 
Kalau Anda ingin makan sushi, carilah Kaiten Sushi untuk merasakan sushi asli Jepang. Harga satu porsi sushi adalah 100-300 yen saja. Jangan lupa juga untuk mencoba street food ala Jepang, mulai dari oden, tempura, okonomiyaki, karage, hingga takoyaki yang murah dan enak. Jepang punya banyak café dan restoran lucu yang menggoda untuk didatangi. Tetapi jika Anda ingin berhemat, hindari tempat-tempat itu karena harganya bisa 5-10 kali lebih besar ketimbang jajanan pasar atau makanan-makanan di convenient store.
Dengan budget 2000 yen sehari sudah bisa menjamin Anda untuk makan di Jepang. Di sana rata-rata tidak dikenakan pajak lagi karena sudah all in, dan minuman gratis. Jadi Anda bisa membawa botol minum dan tinggal Anda isi airnya. Bagi Anda yang muslim, banyak juga restoran yang tidak menyediakan makanan yang halal (tidak mengandung babi). Pilihannya bisa makan Udon, Tempura, Sashimi, Sushi, dll. Anda juga bisa bertanya ke staffnya apakah makanan tersebut mengandung babi atau tidak untuk lebih memastikan. Biasanya ramen itu ada mengandung babi, namun ada juga yang vegetarian atau seafood ramen, banyak sekali pilihan makanan di Jepang jadi Anda tidak perlu takut.


Perkiraan biaya makan : Rp 150.000 - Rp 250.000 per hari

5. Destinasi Favorit di Jepang dan Biayanya


Jepang terkenal dengan kuil-kuilnya yang penuh sejarah dan juga taman bermainnya yang unik. Untuk kuil seperti Asakusa atau Meiji Jingu Anda tidak perlu tiket masuk atau gratis, tapi biasanya kuil di Kyoto biasanya berbayar, sekitaran 300 yen per sekali masuk. Untuk taman bermain yang terkenal adalah Disney Sea, Disneyland Tokyo dan universal Studio Jepang. Harga tiket untuk 1 hari ke DisneySea atau Disneyland adalah 7.400 yen untuk dewasa dan 4.800-6.400yen untuk anak-anak. Anda bisa melihatnya di website Tokyo Disney Resort.


 
Sedangkan untuk tiket masuk atraksi-atraksi lainnya di Tokyo, banyak yang gratis. Misal pergi ke Ueno Parknya untuk menikmati taman atau ke pusat berbelanja di Shibuya, Anda juga bisa melihat trend fashion Jepang di Harajuku, jalan-jalan keliling Akihabara untuk lihat-lihat kebudayaan anime dan manga, pergi ke Odaiba untuk melihat Rainbow Bridge dan foto bersama robot-robot Gundam yang mengesankan, dan lain sebagainya.
Banyak Sekali Destinasi Wisata Jepang yang bisa Anda kunjungi. Anda bisa melihat lebih lengkap destinasi-destinasi wisata yang ada di sini


Perkiraan biaya makan : Rp 1.500.000 - Rp 2.500.000 Untuk 3 hari

6. Internet Selama di Jepang


Saat ini jaringan internet merupakan hal yang wajib dimiliki bagi semua orang dimanapun berada. Selain bisa digunakan untuk keep contact dengan keluarga atau teman-teman yang sedang berpergian bersama Anda agar tidak hilang dan selalu bersama, jaringan internet juga akan berguna untuk mengecek GPS dan Hyperdia. Anda bisa bertanya-tanya pada penjual simcard lokal disana sebelum memutuskan menggunakan pocket wifi
Pocket wifi itu harganya cukup mahal sekitar 100 ribu per harinya. Kalau Anda pergi berkelompok, mungkin tidak akan terlalu bermasalah dengan harga yang ditawarkan, karena Anda dapat membaginya dengan keluarga atau teman-teman Anda. Tetapi Jika untuk diri Anda sendiri, lebih disarankan membeli sim card khusus untuk internet saja. harganya hanya sekitar 4000 yen untuk 14 hari. Jika Anda stay kurang dari 14 hari, bisa mengambil paket yang 1GB dengan harga yang sama namun jaringannya lebih cepat. Biasa di hotel atau apartemen di Jepang sudah ada internet jadi gunakan internet yang Anda beli hanya di luar saja.


Perkiraan biaya internet : Rp 30.000 - Rp 50.000 per hari


7. Belanja Di Jepang
Biasanya orang Indonesia repot sekali dengan masalah belanja oleh-oleh setelah berpergian. Ada beberapa oleh-oleh yang direkomendasikan. Anda dapat belanja di Daiso. Selain murah meriah, banyak sekali jenisnya. Atau Anda juga bisa ke supermarket atau konbini di Jepang dan membeli oleh-oleh disana. Daiso di Jepang berbeda dengan Daiso disini, variannya lebih banyak, Daiso yang paling direkomendasikan adalah Daiso di Harajuku karena itu sangat besar dan lengkap.



Dan jenis oleh-oleh yang direkomendasikan adalah Furikake (abon Jepang) harganya hanya 100Yen dan Furikake itu enteng dibawa, makanannya ini bisa ditaruh di atas nasi, rasanya sangat unik dan enak. Anda juga bisa membeli semacam kue dalam satu dus yang memang khas daerah. Biasanya harga berkisar dari 500 - 1000 yen per dus dan isinya ada sekitar 10-20 pieces. Isinya adalah kue-kue kering, mochi, manisan, dan biskuit. Packagingnya pun lucu-lucu. Untuk membelinya Anda bisa ke Don Quixote di Akihabara. Karena packagingnya mengangkat tema anime yang merupakan ciri khas Jepang.



Selain itu kalian juga bisa beliin semacam permen permen, Anda juga bisa membelikan teman-teman wanita Anda berbagai macam beauty items. Yang paling bisa dibagiin dan harganya murah adalah hand cream, lipstick, lip balm, dan item-item kecil lainnya. Harganya berkisar antara 300-700 yen per orang. Oleh-oleh ini selain hemat space di koper, harganya pun juga tergolong murah. Kalian bisa membeli ini di Matsumoto Kiyoshi.


Perkiraan biaya internet : Rp 500.000 - Rp 1.000.000 juga udah cukup untuk membelikan semua teman-teman Anda

1 komentar:

  1. Waaaw tempat wisatanya bagus, kapan ya bisa pergi ke jepang.. wkwkwk :D

    BalasHapus