Rabu, 11 Mei 2016

Wisata Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Jogjakarta memiliki banyak tempat wisata yang indah dan unik yang sangat menarik untuk di kunjungi, namun disini akan kami pilih 7 wisata terbaik di Jogja yang wajib untuk Anda kunjungi.

1. Candi Borobudur & Candi Prambanan

Siapa yang tidak kenal dengan Candi Borobudur, Candi yang penah mendapat gelar sebagai salah satu keajaiban dunia karena keindahan dan kemegahannya serta budaya dan misteri yang terkandung di dalamnya. Candi Borobudur yang megah ini masih terus menarik banyak minat wisatawan baik lokal maupun manca negara, begitu pula Candi Prambanan yang memiliki 4 candi utama dan beberapa candi-candi kecil yang memiliki karakteristik yang tidak kalah megah dan indah dari Candi Borobudur, serta cerita legenda yang juga memiliki nilai budaya dan misteri yang tak terungkapkan. Jangan pernah melewatkan kedua Candi ini bila Anda sedang berlibur ke daerah Jogja.

2. Pantai Parangtritis & Pantai Barong

Pantai Parangtritis menjadi salah satu tempat yang di anggap suci dan mistis oleh para penduduknya karena di percaya menjadi tempat tinggal dari Kanjeng Ratu Nyai Roro Kidul, Pengusa Pantai Selatan yang terkenal menyukai baju berwarna hijau, maka dari itu di pantai ini ada larangan untuk mengenakan baju berwarna hijau, karena ada mitos yang mengatakan jika mengenakan baju berwarna hijau, maka orang tersebut akan tertelan ombak yang didatangkan oleh Sang Ratu Pantai. Namun disamping nuansa mistis yang ada, pantai ini juga menyajikan panorama alam yang indah dengan ombak yang besar, tebing yang menjulang tinggi, serta hamparan pasir vulkanik yang kemilau dikala terpapr sinar matahari.
Selain Pantai Parangtritis, Jogja juga memiliki Pantai Barong yang menyuguhkan pemandangan pantai yang diapit dengan dua buah bukit besar di sisi kanan dan kirinya, Selain pemanadangan yang indah, Pantai Barong juga terkenal dengan hidangan lautnya yang beragam dan lezat. Sangat cocok bagi Anda yang ingin menyantap hidangan laut sambil menikmati pemandangan pantai, hamparan pasir putih dan deburan ombak yang indah.

3. Kraton Yogja & Istana Air Taman Sari

Kota Jogja juga dikenal sebagai salah satu kota budaya di Indonesia, meskipun kota ini mengakui kedaulatan Presiden sebagai pemimpin negeri ini, namun kota ini masih memiliki Sultan yang dihormati dan memiliki otoritas yang besar atas kota ini. Sultan memiliki tempat sebagai pusat kegiatan kesultanannya yang dikenal dengan nama Kraton. Kraton merupakan istana dalam kerajaan Kesultanan Jogja. Anda tidak akan menemukan penjanga militer di dalam istana ini, karena dipercaya bahwa setiap bagian dari kerajaan ini dijaga oleh makhluk halus yang sakti.
Selain Kraton Jogja juga memiliki Istana Air di Taman Sari. tempat ini merupakan lokasi semedi bagi parang anggota kerajaan Kraton. Udara di sekitar Istana Air juga sangat sejuk karena terdapat banyak kolam buatan disertai dengan kebun bunga yang harum dan indah.

4. Malioboro

Malioboro merupakan nama sebuah jalan yang terkenal dan menjadi pusat perbelanjaan terbesar di Kota Yogjakarta. Pada saat siang hari Anda akan menemukan banyak sekali penjual pakaian, tas dan berbagai macam pernak-pernik yang bisa Anda jadikan koleksi maupun oleh-oleh saat pergi ke Jogja dan pada malam hari lokasi ini akan dipenuhi oleh para pedang makanan, sehingga jalan Malioboro ini akan menjadi tempat wisata kuliner lesehan khas jogja yang menyajikan aneka makanan yang lezat dan murah!

5. Resor Kaliurang

Jika Anda ingin memanjakan mata Anda dengan pemandangan alam yang berwana hijau segar dan udara yang sejuk, maka Resor Kaliurang merupakan lokasi yang paling tepat. Disini Anda bisa berenang di air terjun Telogo Muncar dan kolam renangnya, Anda juga bisa berjalan-jalan ataupun hanya sekedar bersantai menikmati pemandangan yang ada.

6. Goa Jomblang

Goa jombang merupakan salah satu Goa wisata vertikal yang ada di kawasan Gunung Kidul. Gua ini memiliki hutan purba didalamnya dan bila Anda datang ke gua ini pada pukul 10-12 siang Anda akan melihat cahaya matahari yang menembus masuk ke dalam Goa yang terkenal dengan sebutan Cahaya Surga. Keindahan alam yang disajikan Goa ini membuat Goa Jombang selalu diminati oleh para wisatawan terutama para pecinta alam.

7. Gunung Merapi

Bagi Anda yang hobi mendaki gunung, Gunung Merapi di Yogjakarta bisa menjadi salah satu daftar wajib bagi Anda. Pemandangan yang indah dan harga tiket yang murah menjadikan gunung ini selalu ramai di kunjungi terutama di masa liburan. Selain itu adanya sejarah tentang pristiwa meletusnya gunung ini, menambah rasa penasaran dan nuansa mistis yang ada di Gunung Merapi ini dan menjadikan semakin banyak wisatawan yang mendatanginya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar